Minggu, 13 Januari 2013

Menggapai Kreatifitas Dengan Musik

18.59 |

Creativity

Kreativitas adalah seperti angin: sekilas, tak terlihat dan sulit ditangkap. Beberapa orang membiarkan dirinya rileks dan santai, membiarkan kreatifitas datang sendiri kepada mereka. Beberapa orang bahkan bekerja keras untuk mendapatkan kreatifitas. Saya akan memberitahu Anda bagaimana Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan dan mudah untuk mendatangkan sendiri kreativitas yang diinginkan….. yaitu dengan “mendengarkan musik”.
Pertama, izinkan saya untuk memberikan sedikit latar belakang tentang diri saya. Saya mempunyai profesi sebagai komputer programmer. Saya menulis kode komputer program pada sebagian besar jam kerjaku. Programmer mempunyai peringkat dalam kategori yang sama seperti seniman, musisi dan penyair dalam hal menciptakan output yang kreatif. Programmer harus kreatif untuk menemukan solusi yang cerdik sehingga menyelesaikan masalah-masalah yang teknis.


Di tempat kerja, saya menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, sementara itu aku bekerja memecahkan kode-kode program. Saya dapat mendengarkan jenis musik yang sangat bervariasi. Saya mempunya new age, instrumental dan pop. Saya juga mempunyai musik dengan latar belakan vokal Jepang, Spanyol dan Perancis. Saya juga mendengarkan musik dari video game dan anime.
Bagaimana cara kerja kreatifitas yang saya dapatkan? Dengan membawa pikiran saya ketempat yang lebih "tinggi" sehingga saya dapat "melihat" lebih dari segala sesuatunya. Rahasia jenius dan imajinasi yang kreatif berasal dari getaran frekuensi tinggi di pikiran ( "Misteri transmutasi seks" dalam Think and Grow Rich). Anda dapat mendengarkan musik untuk dapat meningkatkan frekuensi pikiran Anda, sehingga Anda bisa ke tempat yang lebih tinggi di mana kreativitas akan datang dengan bebas dan terjadi dengan sendirinya.


Mungkin penjelasan diatas terlalu filosofis. Pada sisi fisik, musik membangunkan dan me-energising pikiran dan tubuh Anda. Pernahkah Anda mengetukan kaki di lantai sewaktu mendengarkan lagu favorit? Musik dengan tempo cepat dapat memacu jantung anda memompa setiap sel dalam tubuh Anda untuk mendapatkan kreatifitas !
Apabila Anda mencoba medapatkan kreatifitas hanya bersantai akan terlalu pasif. Berusaha keras untuk mendapatkan kreativitas tidak akan bekerja dengan baik. Mendengarkan musik memungkinkan Anda secara aktif mengapai kreativitas dan dengan cara yang mudah. Karena kreatifitas akan datang dengan sendirinya….
Jadi, apa kuncinya untuk pemilihan musik? Sangat bervariasi. Anda perlu memiliki musik dengan tempo cepat, lambat, dan musik dengan tempo yang sedang. Jika Anda hanya memiliki musik dengan tempo yang cepat (misal: pop / rock), pikiran Anda akan tertutup karena kelelahan. Akanlah sangat baik untuk menyelinginya dengan aliran musik yang anggun spt waltz, untuk memberikan pikiran Anda jeda istirahat. Hal ini mencegah pikiran Anda terjebak di kehampaan dan akan memberikan rangsangan terus-menerus. Maka itu, fungsi “shuffle” di ipod merupakan fitur yang sangat baik sekali dan berguna.


Ada baiknya juga apabila Anda mendengarkan musik yang dapat membangkitkan emosi dengan kuat. Saya mempunyai beberapa lagu yang dapat menimbulkan kesedihan, kegembiraan, ketenangan atau lagu yg dapat menyentuh hati dengan lirik yang mengagumkan. Saya kadang-kadang dapat meneteskan air mata. Saya dapat juga tersenyum dan tertawa tidak terkendali. Saya percaya dengan men

galami berbagai macam sisi emosi manusia adalah bagian yang paling cepat untuk menimbulkan kreatifitas.
Kunci lain untuk pemilihan musik adalah keakraban. Anda harus akrab dengan sebagian besar lagu sehingga Anda dapat bersenandung lagu tersebut dan masih dapat bekerja (seperti menulis kode pada kasus saya). Saya tidak hafal banyak lirik lagu tetapi lagu-lagu tersebut dapat menjadi akrab di telinga. Bahkan mungkin lebih baik jika Anda tidak tahu liriknya, karena kata-kata dapat menyebabkan pikiran Anda lebih berat, terutama jika Anda mencoba untuk bekerja.


Pengalaman pribadi saya adalah biasanya setelah mendengarkan sekitar 2 atau 3 lagu, saya masuk ke dalam suasana hati untuk bertindak. Setelah sekitar 15 menit, saya masuk ke dalam apa yang sebagian orang menyebutnya “The Zone”. Ini adalah proses di mana saya cepat sekali mendapatkan ide, dapat memikirkan desain grafis, menghasilkan algoritma dan jari-jari saya dapat bekerja dengan cepat di atas keyboard mengetik kode program. “The Zone” adalah tempat Anda mencari tahu segala sesuatu. Jika Anda pernah mengapai kreativitas, Anda akan tahu ketika Anda sedang dalam The Zone. Semuanya akan mengalir secara alami.
Sebagai catatan, hal ini tidak selalu bekerja. Kadang-kadang, saya tidak mempunyai mood untuk melakukan apapun. Kadang-kadang mendengarkan lagu favorit dan saya hanya mendengarkannya saja dan mulut kata-kata (diam-diam tentu saja. Kadang-kadang, saya bahkan tidak ingin mendengarkan musik apapun. It's ok. Saya menganggapnya sebagai suatu tanda untuk melakukan hal-hal lainnya, seperti menata meja atau pergi mencuci muka. Saya tidak pernah mengalami sesuatu hal yang efektif untuk memaksakan kreativitas.
Mendengarkan berbagai macam musik dengan tempo yang berbeda (dan musik yang dapat membangkitkan emosi), akan membantu Anda untuk mengapai kreativitas. Jadi, mulailah untuk mendengarkan musik demi mendapatkan kreatifitas untuk memecahkan masalah hidup dan kerja Anda sekarang juga!
artikel ditulis oleh: Vincent Tan - Polymath Programmer

0 komentar: